Friday 28 January 2011

MISTERI FENOMENA MIMPI

"Hanya Allah SWT yang maha mengetahui dari rahasia mimpi"

Mimpi, sudah menjadi fonemena yang menjadi bahan kajian dari zaman dahulu. Sejak zaman yunani kuno, realitas mimpi menjadi objek perhatian yang sangat intens dari para pemikir dan filosof. Bahkan dalam literatur islam disebutkan terdapat seorang Rasul As. Yang dianugerahi Allah SWT untuk dapat memahami mimpi dengan memberikan informasi tafsirnya secara akurat. Rasul itu bernama Yusuf as., putra nabi Ya’qub as. Beliau hidup sekitar kurang lebih 2000 SM dan banyak menafsirkan mimpi-mimpi yang terjadi pada dirinya sendiri dan umatnya. Sejarah nyata ini banyak sekali
diterangkan dalam literatur kitab Suci Al-quran, kitab suci milik umat islam (kitab universal, Kitab yang menjadi rujukan paling akurat sepanjang masa dan tiada kitab manapun atau buku-buku referensi dari karangan ilmuan terhebat di duniapun yang dapat menandingi keakuratan dari Al-quran. Bahkan, menurut pengkajian lebih lanjut, dikatakatan bahwasannya seluruh buku ataupun kitab yang pernah dikarang oleh manusia pada dasarnya secara implisit semua isinya sudah termaktub dalam Al-Quran. Ini adalah kebenaran yang tidak dapat disangkal oleh orang skeptic sekalipun)
Anda dapat melihat rujukannya di bagian surat dalam Al-Quran ini : QS. Yusuf: 44, Al-Isra’ : 60, as-shaffat : 105, yusuf : 21 dan masih banyak lagi.
Mimpi, menjadi pesona yang sangat menajubkan sekaligus mistery yang belum terpecahkan rahasianya. Ia seolah-olah memanggil setiap manuasia untuk menyelidikinya lebih jauh. Dalam hal ini, sejak dulu hingga kini, mulai dari agamawan, ilmuan, filosof, bahkan sampai pada seniman, berusaha untuk menerjemahkan sebuah mimpi. Apa yang terjadi di balik hakikat mimpi, bagaimana ia bisa terjadi pada tidur sesorang, dan terkadang orang tidur tidak bermimpi itu juga kenapa?, dan terkadang mimpi terjadi begitu sangat konyol, tidak berarti. Terkadang pula mimpi terasa sangat menyenangkan atau sangat menakutkan, mengkhawatirkan, menyedihkan. Dan tidak jarang pula manusia dapat bermimpi seakan mendapat jawaban dari persolannya yang sedang kalut dipikirkannya. Atau bermimpi yang merupakan petunjuk akurat dari Tuhan Allah SWT. dll. Masih banyak realitas mimpi yang pernah dialami oleh setiap manusia dan sifatnya misterius.
Sampai saat ini boleh dibilang mimpi adalah suatu fenomena menarik dan misterius. Mimpi terkadang membuat kita senang dan tertawa geli, atau bahkan bikin kepala kita geleng-geleng. Jadi sebenarnya apa sih mimpi itu? Mulai dari jaman Adam dan Hawa, kerajaan Yunani dan Roma, sampai Sigmund Freud (pemikir Austria) di akhir tahun 1800-an, seluruh umat manusia rupanya masih penasaran dengan arti sebuah mimpi dan mengapa kita mengalaminya ketika tidur. Secara umum banyak dari kalangan ilmuan yang mendefinisikan mimpi merupakan suatu proyeksi yang timbul tanpa sengaja dan terdiri dari koleksi gambaran, suara, gagasan, pikiran, daya perasaan, serta sensasi lainnya di saat tidur.
Definisi lainnya hampir sama bahwa mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra-indra lain dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep) Tetapi definisi-definisi ini belum mengungkap pengertian yang sebenarnya.
Kebanyakan dari mereka hanya menjelaskannya secara umum. Belum pernah saya temuai penjelasan yang secara detil dan holistik bagaimana mimpi itu sebenarnya. Bahkan yang paling parah hanya menjelaskan efek atau pengaruh yang ditimbulkan dari mimpi itu, alias tafsiran mimpi seperti mimpi melihat bulan maka ia akan mendapat anugerah, atau mimpi melihat mayat ia akan umur panjang, Mimpi membeli sebuah kapal maka usaha yang kita tekuni akan berkembang dengan pesat, Mimpi melihat kancing terjatuh kita Akan mengalami rintangan maka harus berhati-hati dalam melakukan atau memutuskan sesuatu., Mimpi memasang kancing baju : Pertanda kita harus memperbaiki kesalahan. Mimpi merasa kehilangan kancing : Akan mendapat teguran dari apa yang kita kerjakan, Mimpi merasa berduaan dengan suami/istri : Akan berhasil dalam melakukan sesuatu, Mimpi dikamar kita banyak orang : Pertanda kita harus sabar karena akan ada banyak orang yang akan mengejek kita.. Mimpi berada didalam kamar mewah : Akan mendapat sesuatu yang diinginkan.dll. ya ini semua hanyalah tafsir mimpi belaka dan belum ada yang menjelasakannya bagaimana itu bisa terjadi. Kita dapat menemukannya seperti buku primbon mimpi, tafsir mimpi, dan banyak pula beberapa situs di internet yang penjelasan dan temanya hampir sama. Kebanyakan buku-buku dan beberapa pencarian situs di internet hanya seperti itu dan tidak mengajak untuk memahami arti detil apa dan kenapa mimpi itu dapat terjadi dan bagaimana prosesnya sehingga dapat masuk kedalam pikiran kita di saat tidur atau ketika melamun. Singkatnya, apa pada dasarnya  mimpi itu???
Pertanyaan-pertanyaan yang akan dikaitkan dengan misteri mimpi untuk memperoleh jawaban yang sebenarnya tentang realitas mimpi antaralain; apa dan bagaimana realitas di balik misteri mimpi ? bagaimana ia terwujud? Bagaimana ia dapat masuk ke dalam pikiran di saat tidur atau setengah tidur bahkan ketika melamun kita bisa bermimpi ? dari mana datangnya ? apa tujuannya? Kenapa ada mimpi yang menyenangkan, menakutkan dan mengkuatirkan, mimpi sangat konyol tidak masuk akal, dan mimpi petunjuk, isyarat, jawaban dari permasalahan hidup kita, dan proses terbentuknya segala macam mimpi bagaimana, dll. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan mengajak kita untuk mengarungi hakikat mimpi lebih jauh dan bukan selama ini yang kita pahami sebatas itu saja.
Tujuan tulisan ini akan menjelaskan hakikat mimpi yang sebenarnya secara holistik atau menyeluruh serta dapat membantu para pemikir, agamawan, ilmuan, filosof, atau anda yang selama ini heran dengan mimpi, bertanya-tanya apa itu mimpi sebanarnya. Atau anda yang sedang mencari jawaban arti sebenarnya dari sebuah mimpi yang terjadi pada diri anda. Atau siapapun juga yang pernah bermimpi. Tulisan ini mungkin kebanyakan ada samanya dengan tulisan lain yang bertajuk mimpi, tetapi akan sangat berbeda jika anda menelusuri bagian-bagian dari semua yang saya tulis ini. Dan manfaat dari tulisan ini adalah untuk menciptakan persepsi  baru dari realitas pikiran dan mimpi yang selama ini kita alami, yang akhirnya dapat menemukan kekuatan terpendam dari dalam dirinya dan merubah kondisi diri anda sesuai dengan impian dan cita-cita hidup yang ideal serta berguna untuk semuanya, serta mengantarkan kita ke hakikat kehidupan yang hakiki. Jadi, mudah-mudahan tulisan ini akan membantu anda dalam menemukan jawaban permasalahan. Serta dapat memahami mimpi yang terjadi pada diri anda setiap malam dan mimpi-mimpi orang lain. Dan juga yang lebih mengasyikkan, bagaimana caranya merubah kondisi hidup anda melalui mimpi-mimpi itu. Dll.,..
Rahasia mimpi
Apabila kita mencoba memahami mimpi lebih jauh, kita akan mendapati bahwa mimpi bukan sekedar bunga tidur melainkan pula sebuah mistery yang dibentangkan Allah SWT untuk dipelajari oleh umat manuasia. Hakikat mimpi sebenarnya adalah sangat rahasia dan belum memiliki pemecahan yang tuntas dari berbagai kalangan cendikiawan. Namun, selama ini hanya sebatas tafsiran semata yang tak lain adalah arti dari sebuah mimpi. Akan tetapi, lebih mendasar lagi kita dapat menelaah lebih jauh yang bukan hanya membicarakan soal tafsir atau makna mimpi melainkan rahasia di balik terjadinya sebuah mimpi.
Apabila kita tinjau dari segi ilmiah, mimpi sangat diperankan oleh otak kanan ketika seseorang masuk dalam wilayah tidur atau pikiran tak sadarnya (unconsious mind). Nah, ketika sesorang mengalami mimpi secara bawah sadar ia telah mengeksplorasi pengalaman-pengalaman dari gudang memorinya yaitu pikiran bawah sadar untuk dialami seperti ketika sadar, dan ini dialami pada saat kondisi pikiran sadar manusia mengalami penurunan gelombang yaitu dari beta ke alpa dan ke teta. Selanjutnya, memori di pikiran bawah sadar (subconsious mind) ini tiba-tiba muncul dan terlihat di dalam benak kita tanpa kita minta dan kendalikan. Begitupula sangat sulit kita rencanakan untuk mengalami mimpi seperti apa. Meskipun terkadang ada orang yang dapat mengendalikan mimpi agar bermimpi sesuai keinginannya. 
Dari sini, sebenarnya dapat dikembangkan kajiannya yakni sesuatu yang mungkin dapat dikatakan rahasia berupa sebuah perkara insaniah yang telah dianugerahkan kepada manusia. Dalam literatur agama islam versi kitab kuning karangan ibnu Athoillah as-sakandari dalam kitab Al-Hikam, menyebutkan bahwa mimpi adalah anugerah Allah kepada manusia untuk jalan petunjuk bagi hamba-Nya. Seperti wahyu, haidayah, makna hakikat dan juga firasat.
Namun, secara falsafi juga ditemukan bahwa mimpi merupakan fakta alam pikiran tak sadar (unconsious mind) manusia yang terhubung dengan alam bawah sadar (subconsious mind) dan alam semesta secara luas. Ia tak hanya terjadi karena faktor yang berada di dalam dirinya saja melainkan juga terambisi dari pikiran alam bawah sadar yang ada di alam semesta. Oleh sebab itu, terkadang manusia mengalami penjelajahan di bagian bumi lain atau bahkan dapat masuk ke alam lain yang tidak diketahui manusia.
Begitupula secara psikologi, mimpi dapat dikaitkan dengan gejala kejiwaan yang di alami manusia semasa terjaga tidak tidur.  Mimpi, dalam perenungan psikologi ini memberi tahu kita bahwa di dalam mimpi yang terjadi semasa tidur adalah cerminan yang khas dari sebenarnya siapa diri kita ini. Hal ini dapat diambil contoh; apabila kita semasa sadar selalu melakukan aktifitas tiada guna, main sana sini, bicara sana sini tanpa manfaat, dll yang tanpa guna, maka yang terjadi dalam mimpi kita adalah pembauran dari pengalaman-pengalaman hidup yang tiada arti. Ini biasanya terjadi berupa mimpi yang konyol dan tidak masuk akal. Anda pernah mengalaminya bukan?.

Wallahu’alam
Belum tuntas anda tunggu postingan berikutnya...!!!
Terimakasih semoga bermanfaat dan sukses selalu



ANDA INGIN E-BOOK DI BAWAH INI ??


                                                                                  DOWNLOAD DI SINI



Comments :

0 comments to “MISTERI FENOMENA MIMPI”

Post a Comment