Monday 31 January 2011

PIKIRAN DAN MISTERI POTENSI DI DALAMNYA

Pikiran manusia, selama ini menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup kita. Ia anugerah terbasar buat manusia yang wajib kita syukuri. Otak pikiran kita tidak hanya berfungsi sebagai pengontrol gerakan dari seluruh tubuh kita, baik gerakan yang sadar seperti gerakan tangan, kaki, kepala dll, maupun gerakan yang tanpa kita sadari dan kendalikan seperti gerakan jantung, refleks, paru-paru dll. Akan tetapi fungsi otak secara menyeluruh juga sangat terkait dengan sistem jiwa kita. Termasuk di dalamnya adalah mimpi yang akan kita kaji.
Para ilmuan dari dulu telah menyelidiki di balik misteri otak. Sebut saja Jose Silva ilmuan elektronik sekaligus dokter otak, ia pernah mengadakan penelitian tentang otak di laboratorim universitas Amerika selama 50 tahun dan menghabiskan dana kurang lebih sebesar $ 500.000,-  (Rp 4,5 M). Tujuan satu-satunya hanyalah ingin tahu apa sebenarnya di balik otak manusia. Dari penelitiannya ini dia menemukan hal yang spektakuler yang belum diketahui oleh orang sama sekali yaitu; otak manusia dapat terhubung dengan otak manusia yang lain di level alpha. Dan ia menemukan cara baru sebuah teknik untuk membangkitan kekuatan pikiran yang dahsyat untuk mendatangkan sesuatu yang ajaib. Serta beberapa kemampuan supranatural layaknya indra ke 6, dll.
Beberapa penelitian telah menjelaskan bahwa otak kita terdiri dari ribuan syaraf aktif dan terus berkembang. Diperkirakan setiap dari kita memiliki jumlah syaraf (neuron) aktif di dalam otak kita sebanyak 30- 100 milyard. Dan ukuran memorinya berkisar 30 – 70 juta triliun GB . Bisa anda bayangkan bagimana itu bisa terjadi ? sangat mengagumkan. (bagian ini akan dijelaskan dalam subbab kekuatan pikiran).

Otak menyimpan memori selama hidup 
Manusia dalam hidupnya selalu mengakses alam dan lingkungan sekitarnya dengan panca indra, dan seluruh hasil aksesannya itu disimpan dalam memori otak jangka lama (long memory). Bisa anda bayangkan berapa banyak memory apapun yang sudah terekam dalam benak anda baik yang masih anda ingat atau yang sudah terlupakan. Pada dasarnya semua hal yang pernah kita kenal melalui panca indra kita masuk ke dalam sistem memori  kita baik yang ingat ataupun yang sudah lupa. Pada tahap dasar, informasi luar akan masuk terlebih dahulu pada memori jangka pendek (short memory) kemudian pada tahap berikutnya, dengan melalui proses penyerapan, penyaringan, generalisasi, pemutusan dan penambahan, maka memory itu akan masuk ke sistem otak memory jangka lama. Begitu pula dengan apa saja pengalaman dalam hidup kita, baik yang kita sengaja atau tidak, adalah masuk kedalam sistem memory jangka lama. Hal ini biasanya, kita terkadang ingat sesuatu yang telah lama terjadi yang sudah terlupakan seperti masa kanak-kanak. 
Apapun itu, yang pernah kita lihat, kita rasakan, cium aromanya, raba kekasarannya, dan kita dengar dengan telinga kita masuk ke dalam sistem memory ini. Hal ini pada umumnya dinamakan alam bawah sadar, di mana ia menyimpan seluruh memory yang pernah kita alami semasa hidup dari lahir hingga detik ini, mulai dari yang kecil sederhana sampai pada yang njlimet sekalipun. Banyak sekali informasi yang masuk yaitu berkisar ratusan, ribuan atau bahkan jutaan. Bahkan pula, otak kita menyimpan memory dari kehidupan yang jauh sebelum kita dilahirkan. Seperti memory minat, bakat, dan talenta itu adalah bagian dari memory yang sudah ada dalam otak kita yang masuk ke dalam janin sebelum kita dilahirkan.
Jadi bila kita pernah berbuat baik atau jahat akan masuk ke dalam memory kita, kita bertindak apa saja, mendengar, meraba, mencium, dll. kita melihat juga akan masuk ke dalam memory kita meskipun kita melihatnya atau mendengarnya secara sekilas dan kita melupakannya, sebenarnya, masih tersimpan secara bawah sadar di dalam sistem memory jangka jauh kita, hanya saja kita tidak menyadari hal itu.
Banyak orang yang menggunakan teknik hipnotis untuk mengingat kembali kejadian yang telah terlupakan karena dirasa ingatan itu penting. Teknik hipnotis selama ini digunakan sebagai terapi memasuki alam bawah sadar untuk menemukan jati diri, pengobatan terapi, kendala kejiwaan, atau bahkan sekedar mencari kembali ingatan yang telah hilang.
Banyaknya ingatan yang pernah kita alami sangat tidak bisa dibayangkan, kecuali dengan perhitungan matematis yang akurat dan dengan rumus tertentu seperti yang lakukan oleh Mark Rizonzen Wigh di bawah ini :[i]
Umur x 365 hari x 24 jam x 60 menit x 60 detik x 10 pesan (kira2 minimal permenit) =.................
Misalnya kita andaikan umur anda sudah mencapai 60 tahun maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
60 x 365 x 24 x 60 x 60 x 10 = 18.921.600.000 (delapan belas milyard sembilan ratus dua puluh satu juta enam ratus ribu) wowww....angka yang sangat fantastis. (Bayankan ! jika ini berupa uang anda he..he..he...).
Ini sekedar  gambaran saja dari jumlah memory yang tersimpan selama hidup, selebihnya bisa kita hitung sendiri mulai dari berapa umur anda sekarang, dan perkiraan dalam sehari berapa banyak informasi yang masuk dalam pikiran anda. Begitulah caranya.
Nah, dari seluruh memori yang ada di dalam pikiran kita, baik yang masih kita ingat maupun yang sudah terlupakan, akan terus ada di dalam pikiran kita. Terdapat tempatnya sendiri di dalam syaraf-syaraf otak terutama pada otak kanan yang menyimpan memori jangka jauh atau disebut alam bawah sadar. Kita dapat saja menjelajah kembali seluruh ingatan di balik alam bawah sadar kita dengan sedikit teknik misalnya bertafakkur, meditasi, rileksasi, dan hipnotis.

Alam pikiran bawah sadar (subconcious mind)
Pada hakikatnya, alam bawah sadar merupakan bagian pokok dari kehidupan manusia sepanjang masa. Ia merupakan misteri yang tiada akhir dari setiap pertanyaan yang ada di balik fitrah manusia. Apa sebenarnya alam bawah sadar itu?. Alam bawah sadar adalah alam di mana seluruh ingatan manusia dari lahir hingga kini terkumpul, baik yang jelek maupun yang bagus. Yang sederhana atau yang jlimet dan bahkan yang mustahil sekalipun. Ia terbentuk –sesuai penjelasan di atas—dari hasil cerapan panca indra kita, penciuman, pendengaran, penglihatan, peraba, dan perasa. Hanya dengan lima indra ini kita mencerap alam semesta lingkungan kita, kecuali orang-orang tertentu dapat mencerap alam ini dengan tambahan indra ke 6 (Extra Sensory Perception) yang akan dijelaskan dalam bab-bab berikutnya.
Pada manusia, alam bawah sadar ini tidak hanya berada di kedalaman dirinya melainkan pula, secara sekaligus, berada di seluruh alam semesta ini. Bahkan alam akhirat sekalipun yang selama ini kita yakini berada di alam bawah sadar kita sendiri, hanya saja terdapat tingkatan-tingkatan untuk kita dapat memasuki dan mengaksesnya.
Diri manusia secara utuh memiliki kadar yang sangat besar. Sebagian kadar ini berada diluar dan sebagian besar lainnya masih terpendam di alam bawah sadar kita sendiri. Jika diibaratkan layaknya gunung es bagian atasnya yang kelihatan adalah sedikit dari bagian besar yang berada di bawahnya. Lihat gambar berikut ini:
Gambar ini hanyalah contoh dari betapa besar ukuran yang seutuhnya dari diri manusia. Secara hakiki, manusia memiliki potensi yang besar dan tidak terbayangkan dan potensi itu terletak di alam bawah sadar kita masing-masing. Menurut ahli psikologi, selama ini kita hanya menggunakan sedikit dari kemampuan kita yang sesungguhnya yaitu berkisar antara 5 – 12 % dari 100%, sedangkan sisanya antara 88-95% ini masih tersimpan di alam bawah sadar. Para ilmuan sekalipun pada dasarnya hanya masih berkisar segitu saja (8- 10%) belum ada yang sampai benar-benar menggunakan kapasitas pikirannya dengan 100 %.  Dengan begitu saja, banyak para ilmuan yang menghasilkan karya spektakuler dan bermanfaat untuk semua umat. Kita dapat bayangkan bagaimana seumpama kita dapat lebih menggunakan kapasitas alam bawah sadar kita, katakanlah sampai 15 % saja pasti banyak sekali penemuan selangit yang sangat spektakuler yang bedampak luar biasa.
Alam pikiran bawah sadar juga dapat diumpamakan seperti ketika kita berada di malam yang gelap kemudian kita menyalakan senter, maka bagian gelapnya malam yang diterangi senter ini adalah pikiran sadar kita, sedangkan bagian malam yang tidak terkena oleh senter adalah alam pikiran bawah sadar.  Oleh sebab itu, alam pikiran bawah sadar keadaanya lebih banyak dan luas dari pada pikiran sadar kita, dan juga memiliki potensi yang amat besar diluar perkiraan. Banyak orang yang menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar untuk mendapatkan kesaktian, kekuatan, keberuntungan, dsb. Dan dapat pula mewujudkan keajaiban.
Banyak contoh-contoh atraksi yang sedikit menggunakan alam bawah sadar seperti hipnotis. Di mana seseorang yang dihipnotis dapat mengingat kembali pengalaman hidupnya yang telah larut, mengontrol dirinya dari perbuatan jahat, menghentikan kebiasaan buruk, menghilangkan ketakutan, trauma, setress, fobia, menurunkan berat badan, bahkan mempengaruhi orang lain dan menciptakan hal-hal yang luar biasa di luar nalar logika hanya dengan menggunakan alam bawah sadarnya. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh jika kita dapat memasuki alam bawah sadar kita secara sadar.
Sebenarnya selain teknik mengakses alam bawah sadar dengan hipnotis, terdapat teknik lain yang tujuannya memasuki alam bawah sadar yaitu dengan meditasi dalam, bedzikir, dan mejalankan ritual-ritual agama secara khusyu’. Hanya saja bedanya dengan hipnotis adalah meditasi memasuki alam bawah sadar dengan kesadaran sedangkan hipnotis biasanya kondisi orangnya tidak sadarkan diri dan dengan bantuan seorang penghipnotis (kecuali self hipnotis).

  


[i] Taufiq Pasiak, revolusi otak, hal. 53

Comments :

0 comments to “PIKIRAN DAN MISTERI POTENSI DI DALAMNYA”

Post a Comment